10 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru 2023 – Ada segelintir nama pengusaha yang masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, harta yang dimiliki bisa mencapai ratusan triliun rupiah. Wow!

Dilansir laman Forbes Real Time Billionaires List, Kamis (10/8/2023), orang terkaya di Indonesia saat ini adalah Robert Budi Hartono. Tercatat, kekayaan yang dimilikinya mencapai US$ 26,4 miliar atau setara Rp 400 triliun.

Lalu, di bawahnya ada Michael Hartono. Menurut data terbaru, orang terkaya kedua di Tanah Air itu memiliki harta sebesar US$ 25,3 miliar atau senilai Rp 385 triliun.

10 Orang Terkaya di Indonesia Terbaru 2023

Jumlah kekayaan setiap orang tentu berbeda-beda. Namun, dalam kurun waktu tertentu bisa bertambah atau juga berkurang.

Nah, dalam daftar orang terkaya di Indonesia per Agustus 2023 juga sedikit mengalami perubahan. Penasaran, siapa saja orang yang masuk dalam daftar tersebut? Simak di bawah ini.

1. Robert Budi Hartono

Robert Budi Hartono menduduki peringkat pertama sebagai orang terkaya di Indonesia. Sebagai informasi, Budi Hartono merupakan pemilik salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia, yakni Djarum. Selain itu, ia juga merupakan pemegang saham terbesar di Bank Central Asia (BCA).

Menurut Forbes Real Time Billionaires, Budi Hartono menempati posisi ke-58 sebagai orang terkaya di dunia. Hal tersebut wajar karena Budi Hartono memiliki total kekayaan US$ 26,4 miliar atau setara Rp 400 triliun.

2. Michael Hartono

Di posisi kedua orang terkaya di Indonesia diduduki oleh Michael Hartono. Kakak dari Robert Budi Hartono ini memiliki kekayaan mencapai US$ 25,3 miliar atau senilai Rp 385 triliun.

Pria yang akrab disapa Bambang ini juga mewarisi PT Djarum. Bersama sang adik, ia juga menjadi pemegang saham terbesar di Bank BCA.

3. Low Tuck Kwong

Low Tuck Kwong merupakan pengusaha batu bara yang merupakan pendiri Bayan Resources. Menurut data terbaru, harta kekayaan yang dimiliki Low Tuck Kwong mencapai US$ 25,1 miliar atau sekitar Rp 381 triliun.

Yang menarik, harta kekayaannya melonjak hingga 3,6% atau setara US$ 873 juta (Rp 13 miliar) dari beberapa waktu sebelumnya.

4. Sri Prakash Lohia

Orang keempat terkaya di Indonesia dihuni oleh Sri Prakash Lohia. Ia merupakan pemilik usaha tekstil dan petrokimia terbesar di Indonesia, Indorama Corporation.

Menurut data Forbes, harta kekayaan Sri Prakash Lohia di 2023 mencapai US$ 7,1 miliar atau setara Rp 107 triliun.

5. Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu masih bertahan di urutan kelima sebagai orang terkaya di Indonesia. Tercatat, Prajogo Pangestu memiliki kekayaan mencapai US$ 6,6 miliar atau sekitar Rp 100 triliun.

Meski begitu, harta kekayaan pemilik Barito Pacific dan Chandra Asri Petrochemical ini mengalami penurunan, yakni sebesar 1% atau setara US$ 66 juta (Rp 1 triliun).

Baca Juga: Bisnis yang Cocok untuk Zodiak Pisces yang Berjiwa Seni Tinggi

6. Tahir & Family

Tahir & Family sukses merangkak naik ke posisi enam sebagai orang terkaya di Indonesia. Menurut catatan, jumlah kekayaannya di Agustus 2023 mencapai US$ 5,8 miliar atau senilai Rp 88 triliun.

Sedikit informasi, Tahir merupakan founder dari Mayapada Group yang bergerak di bidang perbankan, kesehatan, dan real estate.

7. Chairul Tanjung

Di posisi ketujuh dihuni oleh Chairul Tanjung. Pemilik CT Corp ini tercatat mempunyai kekayaan yang begitu besar, yakni sebanyak US$ 4,9 miliar atau setara Rp 74 triliun.

8. Djoko Susanto

Djoko Susanto merupakan pemilik grup Alfamart, salah satu bisnis ritel minimarket terbesar di Indonesia. Ia masuk ke dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia, dengan jumlah hartanya sebanyak US$ 4,2 miliar atau senilai Rp 63 triliun.

9. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono

Lim Hariyanto Wijaya Sarwono menjadi orang kesembilan terkaya di Indonesia. Dalam data terbaru, Lim Hariyanto memiliki harta mencapai US$ 4,2 miliar atau setara Rp 63 triliun.

Sedikit informasi, Lim Hariyanto merupakan pemilik Grup Harita dan saham mayoritas produsen minyak kelapa sawit di bursa Singapura, Bumitama Agri.

10. Dewi Kam

Daftar orang terkaya di Indonesia selanjutnya adalah Dewi Kam. Tercatat, jumlah kekayaan Dewi Kam saat ini mencapai US$ 4,1 miliar atau sekitar Rp 62 triliun.

Menariknya, Dewi Kam merupakan satu-satunya perempuan yang slot nexus gacor masuk ke dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia. Ia mendapatkan kekayaan tersebut lewat sahamnya di PT Bayan Resources Tbk. (BYAN), yang merupakan bisnis milik Low Tuck Kwong.

Nah, itu dia daftar 10 orang terkaya di Indonesia terbaru per Agustus 2023.