Cara Memulai Usaha Kuliner Plus Rekomendasi – Memulai bisnis atau usaha kuliner bisa dibilang tidak terlalu sulit, asalkan kamu paham cara dan strategi yang tepat. Bisnis kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang tidak akan pernah mati dari waktu ke waktu. Alasannya sederhana, makan adalah kebutuhan primer dari semua orang. Orang-orang mungkin dapat slot deposit 10 ribu menahan nafsunya untuk berbelanja kebutuhan sekunder seperti berbelanja aksesoris. Akan tetapi, rasa lapar di perut tidak akan bisa ditahan.

Cara Memulai Usaha Kuliner

1. Buat business plan

Sebelum benar-benar menjalankan usaha kuliner, sebaiknya kamu harus membuat rencana bisnis atau business plan terlebih dahulu. Mengapa demikian? Sebab, business plan akan membantumu untuk mengidentifikasi tujuan bisnis ke depannya. Di sisi lain, melansir dari Hospitality Insight, business plan bisa dijadikan sebagai acuan untuk diberikan kepada investor jika butuh dana nanti.

Kira-kira apa saja yang harus ditentukan dalam rencana bisnis?

  • branding
  • target pasar
  • identitas brand
  • jenis kuliner yang ingin dijual
  • sistem operasional

Setidaknya, kelima unsur di atas harus dipikirkan dengan matang. Seperti apa target pasarmu, apakah anak-anak berusia 18-25, remaja usia 25-29, atau orang tua usia 30-an ke atas. Selain itu, tentukan juga apa saja menu yang ingin disajikan beserta logo brand yang ingin ditampilkan.

2. Kelola keuangan dengan matang

Aspek finansial adalah nyawa bagi semua bisnis, tak terkecuali bisnis makanan dan minuman. Oleh karena itu, cara yang tepat untuk memulai bisnis atau usaha kuliner supaya bisa berjalan starlight princess adalah mengelola finansial dengan baik. Sebagai modal awal, mungkin kamu bisa menggunakan dana pribadi. Jika tidak punya, kamu bisa mengajukan pinjaman ke orang-orang terdekat ataupun lembaga keuangan.

3. Tentukan harga

Hal yang mungkin sering membingungkan dalam memulai bisnis adalah menentukan harga. Melansir Nerd Wallet, salah satu cara menentukan harga adalah melakukan riset harga pasar. Sebagai contoh, kamu berjualan nasi goreng. Dalam menentukan harga nasi goreng yang akan dijual, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu harga nasi goreng yang dijual di pasaran.