Pondasi Bisnis Online yang Harus Dipahami – Bisnis berarti suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Kata bisnis dari bahasa Inggris yaitu business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat.

1. Menentukan Produk

Sudah sangat jelas, bahwasannya produk merupakan barang atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat untuk mendapatkan perhatian, pembelian, atau dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat. Bukan hanya kualitas produk yang dibutuhkan konsumen, namun sistem pelayanan yang diberikan dan desain produk yang menarik juga memberikan https://www.kgplombokbarat.com/ nilai lebih pada konsumen untuk membeli atau mengkonsumsi suatu produk. Sebelum menjalankan bisnis yang harus diketahui dahulu adalah produk apa yang akan ditawarkan kepada konsumen. Produk tersebut apakah dibuat sendiri atau dibuat oleh orang lain.

2. Menetapkan Market dan Harga

Harga dapat melambangkan kualitas produk. Tetapi, dalam realitas pemasaran fakta tersebut tidak semestinya benar untuk dijadikan asas pematokan harga yang strategis. Strategi penetapan harga menjadi penting karena faktor harga mempunyai peran dalam mempengaruhi pembeli untuk membeli dan menjadi pelanggan tetap suatu produk. Keuntungan bisnis online sendiri dapat menekan biaya operasional karena tidak perlu biaya untuk sewa tempat seperti yang konvensional

3. MarketPlace

Marketplace merupakan platform yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli bertransaksi online. Dengan kata lain, bisa juga disebut dengan pasar online, karena banyak penjual/toko yang menawarkan produk dan jasa di sana. Penjual langsung menjual produknya di platform mandiri kepada pembeli. Jadi tidak ada perantara sama sekali.

4. Sistem Pembayaran

Berafiliasi dengan marketplace akan memudahkan dalam hal transaksi pula. Hal ini karena beberapa marketplace tentu saja telah menetapkan cara pembayarannya masih masing. Namun, terkadang untuk beberapa opsi, penjual dapat menentukan cara pembayarannya sendiri yang tidak terikat dengan marketplace seperti rekening pribadi

5. Menetapkan target bisnis

Tentu saja dalam memulai bisnis, harus ada target yang ingin dicapai secara berkala. Target ini akan terus dievaluasi dengan cara catatlah di buku khusus bisnis agar dapat menandai evaluasi yang dilakukan secara bertahap. Catat dan evaluasi apa yang perlu dipelajari lagi dalam rangka menginkatkan dan mengembangkan kemampuan berbisnis online. Evaluasi ini adalah upaya untuk melangkah menuju kesuksesan berbisnis online.